Daftar Istilah Safety

Alarm Anti Maling.

Alarm yang digunakan untuk menghindari maling yang masuk ke dalam rumah.

Antifreeze extinguisher

Suatu bahan pemadam api yang diberi bahan kimia tambahan yang dapat menurunkan titik beku larutannya

Apartment

Bangunan, biasanya berbentuk kotak, tempat seseorang atau sekelompok orang tinggal secara independent yang memiliki fasilitas dapur dalam satu unit/ ruang tersendiri, yang dirancang sebagai "rumah apartemen", "apartemen taman" "apartemen kondominium", "rumah susun", atau nama-nama lainnya. Dengan mengabaikan pemanfaatannya, suatu bangunan tempat tinggal disebut sebagai apartemen ketika tiga atau lebih unit tempat tinggal menempati satu dinding penahan api bersama

Askarel

Suatu bahan isolasi listrik sintetis tidak dapat menyala yang, apabila ter-dekomposisi (terurai) akibat percikan listrik, hanya menghasilkan gas atau campuran gas tidak dapat meledak; biasanya digunakan sebagai bahan pelapis atau bahan isolasi pada trafo.

Aspahlt (Aspal)

Suatu bahan alami berwarna gelap/hitam yang merupakan campuran kental hidrokarbon ber-berat molekul tinggi dan bahan karbon lainnya.

Deflagrasi

suatu peledakan dcngan gerakan gelombang kejutan pada kecepatan lebih besar dari kecepatan suara di dalam medium yang tidak reaktif/ bereaksi.

Detonasi

suatu peledakan disebabkan gerakan gelombang kejutan pada keeepatan lebih besar dari keeepatan suara di dalam medium yang tidak bereaksi.

Gelombang kejut

suatu gerakan gelombang tekanan melalui suatu gas, terjadi dalam udara terbuka yang disertai dengan angin kencang. Kombinasi dari gelombang kejut dan angin disebut suatu gelombang kejut berlangsung begitu cepat dimana prosesnya terjadi secara umum.

Peledakan debu

peledakan akibat partikel pada bagian yang halus. Banyak bahan padat (termasuk logam seperti besi dan alumunium) menjadi sangat mudah terbakar apabila bentuknya bubuk halus.

Pembakaran atau kebakaran

sejumlah bahan dengan zat pengoksidasi dan melepaskan sejumlah energi yang dilepaskan tersebut digunakan untuk melangsungkan reaksi kimia yang bereaksi.